Mobil adalah kendaraan darat
yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih (selalu genap),
biasanya menggunakan bahan bakar minyak (bensin atau solar). Mobil kependekan
dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani 'autos'
(sendiri) dan Latin 'movére' (bergerak)
Mobil merupakan
suatu sistem yang mengubah energi kimia pada bahan bakar dan udara menjadi
energi gerak (mekanik) yang disalurkan untuk menggerakkan roda.
Sebagai suatu
sistem, mobil memiliki bagian-bagian utama yang menyusunnya. Setiap bagian
mobil memiliki peran mereka sendiri. Bagian tersebut merupakan suatu sistem
utuh yang menyusun dan menyokong setiap fungsi dari kendaraan. Secara garis
besar, terdapat beberapa bagian-bagian mobil yaitu:
2. Sistem
Pemindahan Daya (Power Transfer Assembly; Drivetrain)
3. Sistem
Suspensi (Suspension)
4. Bagian
Pendukung & Penyangga (Vehicle Body)
5. Sistem
Kelistrikan (Electrical System)
Mesin merupakan bagian utama pada kendaraan roda 4
yang berfungsi untuk menghasilkan tenaga yang nantinya akan digunakan untuk
menggerakkan kendaraan. Fungsinya, mesin mengubah energi kimia dari bahan
bakar menjadi energi panas yang kemudian diubah menjadi energi gerak (mekanik)
yang digunakan untuk menggerakkan roda kendaraan melalui sistem pemindah daya.
Mesin memiliki bagian-bagian tersendiri yang cukup kompleks.
Di dalam mesin kendaraan, terdapat beberapa sistem yang menyusunnya diantaranya yaitu sistem bahan bakar, sistem pengapian, sistem pelumasan, sistem pendingin, sistem gas buang (exhaust) dan sistem lain yang menyangkut engine management.
2. Sistem Pemindahan Daya (Power Transfer Assembly; Drivetrain)
Di dalam mesin kendaraan, terdapat beberapa sistem yang menyusunnya diantaranya yaitu sistem bahan bakar, sistem pengapian, sistem pelumasan, sistem pendingin, sistem gas buang (exhaust) dan sistem lain yang menyangkut engine management.
2. Sistem Pemindahan Daya (Power Transfer Assembly; Drivetrain)
a. Mesin depan
penggerak belakang (front engine rear
drive)
b. Mesin depan
penggerak depan (front engine front drive)
c. Mesin depan
penggerak empat roda (front engine four
wheel drive)
d. Mesin belakang
penggerak belakang (rear engine rear
drive)
e. Mesin belakang
penggerak empat roda (rear engine four
wheel drive)
Sistem pemindah
tenaga yang terdapat dalam mesin terbagi menjadi beberapa bagian yaitu :
a. Kopling (Clutch)
b. Transmisi
(Transmission)
c. Propeller Shaft
d. Differential 3. Sistem Suspensi (Suspension)
Suspensi adalah kumpulan komponen tertentu yang berfungsi meredam
kejutan, getaran yang
terjadi pada kendaraan akibat permukaan jalan yang tidak rata yang
dapat meningkatkan kenyamanan berkendara dan pengendalian kendaraan. Sistem
suspensi kendaraan terletak di antara bodi (kerangka) dengan roda. Ada dua
jenis utama suspensi yaitu
b. Sistem suspensi independen atau sistem suspensi bebas
Sistem suspensi terdiri dari beberapa bagian yaitu pegas, peredam kejut dan lengan suspensi.
4. Bagian Pendukung & Penyangga (Vehicle Body)
Bagian support dan penyangga kendaraan merupakan bagian pada kendaraan yang digunakan untuk tempat menyangga semua bagian-bagian yang terdapat pada mobil. Chasis, rangka dan body termasuk dalam kategori ini
Chasis digunakan sebagai tempat melekatnya sistem suspensi,
roda, body, mesin, transmisi, dan bagian-bagian penting lainnya pada kendaraan
bermotor.
5. Sistem
Kelistrikan (Electrical System)
Sistem kelistrikan
mobil adalah bagian yang penting karena pada sistem inilah sumber penggerak
berasal. Arus listrik dari sistem kelistrikan akan menimbulkan bunga api pada
busi di mana bunga api tersebut merupakan syarat utama yang harus ada pada
motor bensin. Penerangan pada mobil pun berasal dari kelistrikan. Masih banyak
komponen lain yang digerakkan oleh listrik, seperti pompa bensin, motor
starter, motor penghapus kaca dan sebagainyaSecara umum sistem kelistrikan pada
mobil dapat dibedakan menjadi:
a. Sistem kelistrikan
bahan bakar
b. Sistem
pengapapian
c. Sistem pengukuran
d. Sistem lampu dan
alat bantu
e. Sistem pengisian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar